Simple Advanced Paging PHP

Membuat Fungsi Advanced Paging dengan berbasis Block pada PHP

Teknik Paging adalah teknik yang digunakan pada segala bahasa pemrograman dalam strategi penyajian data banyak. Jika dalam satu halaman tidak mampu menangani banyaknya data, maka akan dibuat halaman-halaman untuk mempermudah navigasi dan tidak memberatkan halaman pertama. Jika data hanya satu data atau dibawah 100 mungkin tidak masalah dengan penggunaan satu halaman. Namun diluar itu akan menjadi masalah besar. Sangat berat kemungkinan menyakinan puluhan ribu data dalam satu halaman depan. Tentu data tersebut akan dibagi dalam beberapa halaman.

Teknik Paging sederhana pun ternyata tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan penyajian data. Misal, diketahui terdapat 10.000 data, dan satu halaman akan menampilkan 10 data. Dengan keadaan seperti itu maka pada navigasi halaman harus ditampilkan 100000/10 = 1000 nomer halaman. tentu hal ini juga tidak menguntungkan baik bagi tampilan maupun kinerja server. Berikut dibawah akan saya tampilkan lagi teknik paging yang sederhana namun dapat mengampu data banyak. Kira-kira hasilnya akan menjadi seperti ini:

Logika-logika dasar yang harus dipenuhi adalah:

  1. Server Web mendapatkan informasi tentang permintaan halaman oleh client adalah dari HTTP Request jenis GET
    Contoh : http://server.ini/index.php?page=1 => permintaan halaman satu, dengan GET[page]
  2. Jika tidak terdapat GET permintaan halaman, maka dianggap client meminta halaman 1
  3. Satu block halaman akan menangani 10 nomer halaman. Block pertama adalah 1-10. Informasi mengenai block didapat dari PENDEKATAN KE ATAS (ceil) dari nomer halaman yang sedang diakses, dibagi dengan jumlah halaman dalam satu block.
    Misal client melakukan akses halaman 11. Berarti client sedang memasuki block ke ? ceil(11/10)=2
    client melakukan akses halaman 9? berarti jelas block ke 1.
  4. LINK PREVIOUS/SEBELUMNYA didapat dengan cara membandingkan, apakah halaman aktif itu masih lebih besar daripada halaman terakhir block 1. Jika lebih besar, maka halaman PREVIOUS aktif. Jika tidak, tidak akan diaktifkan. Jika aktif, maka, halaman previous akan berisi link halaman terakhir dari block sebelumnya.
    Jika diakses halaman 44 maka block aktif adalah block 5, previous adalah 40
  5. LINK Next/Lanjut didapat dengan cara membandingkan, apakah halaman terakhir block aktif masih kurang dari jumlah halaman? Jika masih kurang, maka tombol next dimnculkan dengan link halaman pertama dari block setelahnya.
  6. Jumlah halaman ditentukan dengan menentukan pembulatan keatas dari pembagian jumlah data seluruhnya dibagi dengan jumlah data dalam satu halaman. Misal, terdapat jumlah data 44, dengan satu halaman adalah 5 data per halaman, maka akan didapat 9 jumlah halaman / ceil(44/5)

Berikut Source Code nya

Cara menggunakan…

Simpanlah script paging diatas menjadi paging.php. Pastikan bahwa halaman yang akan anda paging meload Script seperti berikut:

$item_per_page adalah jumlah item tiap halaman, dan $page_per_block adalah jumlah halaman tiap Block. Selanjutnya, include kan paging php tersebut ke dalam halaman yang meload paging

include “paging.php”;

dan selanjutnya anda tinggal menmanggil fungsi dengan

Contoh:

Anda dapat mendownload script tersebut di sini

Lihat di halaman anda…

http://www.ziddu.com/download/16369565/paging.php.zip.html

Semoga berguna!…

bimosaurus

eof

10 thoughts on “Simple Advanced Paging PHP

  1. Gan mau tanya, cara masukin code ini gmana ya ke website, kan udah aneh taruh kode ini di center, pas page 1 keluar semua datanya nah trus pas mau klik page 2 ko ga ada isinya, gmana tuh gan, mhon maaf ane pemula,
    Mohon balasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code class="" title="" data-url=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> <pre class="" title="" data-url=""> <span class="" title="" data-url="">