[Tips] Reset/Ganti Password Root MySQL

Anda pernah merasa kehilangan password root MySQL? Hilang password root MySQL akan sangat mengganggu terutama bagi para administrator server database MySQL. Namun tahukah anda bahwa password Root MySQL itu bisa diubah? Ya, tentu saja bisa. Sebelum mengubah, mari kita pelajari struktur MySQL terutama berkaitan dengan password user MySQL.

Database MySQL

MySQL adalah database server yang memiliki fungsi sebagai penyimpanan dan pengolahan database. Database sendiri adalah penyimpan informasi yang terdiri dari tabel-tabel, dimana tabel-tabel tersebut terdiri dari kolom-kolom. Sedang isiannya secara berurut akan masuk dalam record yang terisi dalam bentuk baris. Dalam MySQL Server, selalu terdapat database MySQL, yang berfungsi menyimpan informasi dan beberapa setting konfigurasi server MySQL. Bila kita berada dalam console MySQL tentu dapat dilihat dengan cara seperti ini :

Atau bisa juga kita lihat di SQL Browser baik dari PhpMyAdmin ataupun aplikasi berbentuk desktop seperti Navicat, SQLYog, MySQLFront.

Salah satu tabel dalam database mysql adalah tabel user.

Di dalam tabel user terdapat banyak sekali kolom. Untuk kasus kita, hanya perlu kita perhatikan kolom / field : user, password, host.

Dalam tabel tersebut, dapat kita lihat susunan passwordnya tersimpan dalam bentuk enkripsi. Untuk memastikan bentuk enkripsinya, kemungkinan dalam MySQL adalah jika bukan password() ya old_password(). Pastikan dengan cara ini :

Dengan demikian kita tahu password dienkripsi dengan enkripsi password(). Untuk mengubah password bisa dilakukan dengan update langsung, dan khusus untuk urusan grant user ini harus dilanjutkan dengan perintah flush privileges;

 

Maka ketika anda masuk, password ini telah berganti. Tapi memang untuk melakukan ini memang harus ROOT . Jika kita kehilangan password root, tentu tidak dapat melakukan perintah ini. Jangan cemas. Matikan MySQL Server anda, kemudian hidupkan dalam mode –skip-grant-tables. Maka ketika anda masuk console MySQL tanpa password pun akan dapat sebagai root. Lho perintahnya??

Untuk Linux, matikan server linux anda:

atau

atau

tergantung anda menggunakan jenis linux apa. Atau juga

 

Selanjutnya hidupkan dalam mode –skip-grant-privileges. Pastikan dulu path mysql server anda.

 

Jika sudah pasti, tinggal ketik :

 

Selanjutnya anda bisa masuk ke mysql seperti biasa tanpa password dalam mode root mysql.

 

 

WINDOWS

Lho bagaimana dengan windows? Wah maaf saya tidak begitu familiar, tapi kira kira seperti berikut. Matikan Server Xampp, Wamp atau apapun yang mengkontrol MySQL Server anda.

Selanjutnya bukalah command prompt, dengan Start -> Run -> Cmd

Menujulah ke direktori MySQL

Hidupkan dengan –skip-grant-tables

atau

 

Segera ubah password root anda. Jangan terlalu lama membiarkan mode –skip-grant-tables ini, karena ini adalah kondisi paling tidak aman, dimana seluruh port terbuka untuk root dan dapat melakukan administrasi apapun dalam mysql tanpa password. Setelah itu, matikan mysql, hidupkan seperti biasa.

4 thoughts on “[Tips] Reset/Ganti Password Root MySQL

    1. Tidak. Database adalah ilmu teknis, ada pendekatan tertentu untuk mempelajarinya. Karena ilmu teknis, bisa dipelajari.

      Intinya, database itu hanya penyimpan database dalam bentuk kumpulan tabel. Tiap tabel terdiri dari field / kolom, dan isiannya disebut record dalam bentuk row / baris.

      SQL adalah, standar bahasa operasional database :)

      Fahami kata diatas itu, dan segera buka mysql. Tools nya banyak, kalau sulit bisa menggunakan aplikasi SQLYog, atau PHPMyADMIN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code class="" title="" data-url=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> <pre class="" title="" data-url=""> <span class="" title="" data-url="">