[Contoh] Cara Membuat Grafik dengan JPGraph dengan PHP dan MySQL

Pada posting lalu http://bimosaurus.com/2012/04/19/contoh-1-dasar-membuat-grafik-dengan-jpgraph-di-php telah coba kita pelajari bagaimana membuat Grafik dengan JPGraph, dengan bahasa PHP dan mengambil data dari MySQL. Diharapkan pada posting tersebut diketahui dasar-dasar untuk membuat grafik sebelum lebih rumit mengambil database. Lantas, bagaimana jika grafik itu harus diambil dari database MySQL? Kuncinya adalah, data yang diambil dari database diambil ke dalam array untuk value sumbu x dan sumbu y. Secara dasar, sama dengan posting lalu, hanya bagaimana mengambil value MySQL dijadikan data x dan y.
Jika kemarin kita punya program macam ini

 

Maka kita coba untuk membuat grafik dengan mengambil database dari database server MySQL. Data yang ita gunakan adalah data pertama yang dulu pernah kita buat. Maaf saya hanya mengambil lima (5) data pertama karena ternyata berisi data percobaan dari teman-teman yang mencoba mengisi database dengan excel

Database yang saya pakai adalah database kepegawaian. Tabelnya adalah tabel pegawai.

nip nama honor status_ambil
10001 Susanto Rp. 1000000 Belum
10002 Susanti Rp. 1000000 Sudah
10003 Marwoto Rp. 2000000 Sudah
10004 Gunadi Rp. 1500000 Belum
10005 Nur Eko Rp. 1000000 Belum

Misal saya akan membuat sebuah grafik dengan sumbu X adalah berisi nama orang dan sumbu Y menunjukkan banyaknya Rupiah yang diterima, maka berikut langkah yang dapat diambil:

  1. Tampilkan hasil Query untuk kelima record tersebut
  2. Ubah terlebih dahulu value yang terdapat dalam kolom honor menjadi numerik
  3. Tentukan data_x adalah nama orang dan data_y adalah besarnya honor, dengan melakukan kombinasi hasil query, explode dan array

Kira kira menjadi seperti demikian :

Grafik yang dihasilkan seperti ini kira kira

Selamat Mencoba, semoga sukses.. Silakan bertanya jika terdapat kesalahan disini atau perlu ditanyakan, siap saya jawab. Gratis kok!

8 thoughts on “[Contoh] Cara Membuat Grafik dengan JPGraph dengan PHP dan MySQL

  1. sebelumnya thanx mas atas articelnya .. . nambah info

    saya sudah pernah pakek jpgraph ini connect sama mysql, nah masalah yang saya hadapi adalah ketika saya mau menyisipkan hasil jpgraph ini ke dalam template web yang saya buat kok tidak bisa ??
    apakah memang begitu ???
    jadi grafiknya hanya mau berdiri sendiri aja dalam satu halaman . .
    mohon bantuanya bagaimana menyisipkan hasil jpgraph ini ke dalam template

    terima kasih
    minta’ tolong kalo bisa d email y . . thanx

    d_must cupu by e205.org

    1. Hal itu bisa dilakukan dengan penambahan JQuery yang akan mengecek setiap waktu berkala. Mungkin dalam komentar ini tidak akan cukup dijelaskan. Dan saya memerlukan eksperimen juga :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code class="" title="" data-url=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> <pre class="" title="" data-url=""> <span class="" title="" data-url="">