[Internet] Koneksi Dial Up Linux dengan wvdial

Seorang teman yang masih menggunakan Windows menanyakan pada saya : kalau pakai Linux, terus koneksi internetnya bagaimana?

Sebenarnya di Linux banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan dialup. Bisa menggunakan Network Manager bawaan Linux Desktopnya, dapat juga menggunakan metode kuno namun canggihnya tetap sepanjang masa, dua diantaranya adalah pppd dan wvdial. Wvdial ini justru paling sering saya gunakan ketika menggunakan Linux dan perlu koneksi internet dialup. Mengapa wvdial? Karena dengan wvdial, kita bisa melakukannya dengan Command Line alias bash-shell. Lho mengapa tidak menggunakan yang bukan command line, bukannya lebih mudah? Ya, pertama alasannya adalah kebutuhan networking memang lebih enak dari sisi remote server dalam format Command line. Kedua adalah , lebih enak dalam mode Command Line karena kita bisa mendapat keterangan / log lebih lengkap tentang keadaan yang terjadi. Jika tidak konek, kita juga bisa menelusur, mengapa tidak konek.

Untuk linux, hampir semua modem dapat didial dengan wvdial ini. Source Code dapat diambil di :

Selanjutnya, lakukan installasi seperti demikian :

Kemudian, kita dapat mulai memasang modem USB. Ingat, sambil pasang, bukalah file /var/log/message dengan perintah tail -f untuk melihat USB modem terdeteksi sebagai port mana. Berikut log saya:

 

Untuk kasus saya, tidak terdeteksi adanya USB yang telah teratach. Maka saya lakukan installasi paksa dengan mode modprobe. Sebelumnya akan dilakukan dulu listing usb yang ada:

lsusb

Perintah tersebut menghasilkan keluaran seperti berikut

Bandingkan dengan /var/log/message maka terlihat adanya persamaan pl2303 (bisa berbeda tiap modem). Maka saya segera mencatat product ID dan vendor ID nya, dan melakukan perintah modprobe diikuti dengan pemasangan vendor = 0x(novendor) product = 0x(noproduct)

Setiap penambahan / penginstallan hardware atau driver, maka kita bisa melihat keluarannya pada dmesg
dmesg|tail

Maka modem terinstall sebagai /dev/ttyUSB0. Selanjutnya kita lihat baudrate yang berjalan di modem tersebut dengan perintah :

Misal keluarannya adalah 230400

 

Dalam kasus saya, saya gunakan telkom Flexi untuk koneksi internet saya. Maka kita gunakan konfigurasi file /etc/wvdial.conf seperti berikut :

 

Proses konfigurasi dan installasi selesai.

 

OPERASIONAL

Ketikkan saja perintah

 

maka akan muncul seperti ini

 

Tentu pada tail -f /var/log/messages juga akan muncul keluaran seperti ini :

 

Jika telah mendapatkan DNS Servernya, silakan ping

 

Untuk kasus saya lancar saja. Untuk Fren lama masih dapat menggunakan modem ini, dengan konfigurasi yang mirip. Berikut diatas adalah contoh menggunakan modem CDMA Flexi jenis Venus. Berikut beberapa konfigurasi yang ada untuk beberapa jenis modem GSM dengan koneksi Telkomsel Flash

Untuk beberapa jenis modem dan kartu lain seperti Indosat M2, hampir sama dengan setting GSM diatas, hanya saja sangat tergantung dari kondisi modem dan konfigurasi authentikasi dari kartunya.

Tips lainnya, untuk dapat konek dengan wvdial dengan command line tidak harus terbuka setelah konek adalah dengan memberi perintah tambahan ketika perintah wvdial dijalankan

 

Selamat mencoba, semoga sukses

3 thoughts on “[Internet] Koneksi Dial Up Linux dengan wvdial

  1. Saya pengguna windows dan masih memakai yang versi windoes XP, akhir2 ini sering macet dan ingin mengganti dengan OST Linux
    Trims atas infonya, tutorial ini sangat membantu saya
    Sukses selalu..

  2. gan, bisa bantuin gak?
    ane pke SmartFren CE682, wvdial konek, ping jalan, tapi kalau buka opera atau mozilla malah gak bisa buka website manapun :(

    pke gnome-ppp juga sma, tapi ternyata dalam mode idle terus, bisa bantuin gak, gan?

    1. Kalau ping jalan, seharusnya semuanya beres. Coba cek di browser, apakah menggunakan proxy tertentu? Jika ping ke salah satu situs tujuan beres, maka kemungkinan masalahnya ada di : DNS atau Proxy. Coba isikan saja DNS nya menggunakan DNS global google dengan ip 8.8.8.8 bisa menggunakan versi desktopnya Linux anda, atau bisa lewat console :

      Jika tidak, proxy di tiap browser, pastikan dimatikan dulu, dengan posisi no proxy. Untuk Mozilla Linux bisa ke : Edit ->> Preferences ->> Advanced ->> Network

      Selamat mencoba dulu ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code class="" title="" data-url=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> <pre class="" title="" data-url=""> <span class="" title="" data-url="">