[Share] Bongkar Laptop Axioo Neon MNC 115

PERHATIAN : Diharap tidak mencoba membongkar jika tidak diperlukan dan tidak berani, karena sedikit beresiko. Di sini tidak ada jaminan bahwa pembongkaran akan sukses. Bagi yang siap, selamat mencoba. Bagi yang belum siap, boleh bongkar ditemani teman yang ahli. Jangan lupa, jangan sampai sisa sekrup

 

Membongkar hardware komputer/laptop memang menjadi satu kegiatan yang asyik dan sekaligus membuat harap-harap cemas. Terutama kalau hanya punya satu :) . Maklum karena laptop biasanya menjadi alat utama bagi mata pencaharian orang-orang yang bergerak di bidang IT, perkantoran, atau orang yang bekerja secara mobile dan butuh presentasi mobile. Axioo adalah salah satu produk notebook/laptop yang cukup banyak dipakai di Indonesia karena Axioo adalah produk assembly di Indonesia yang cukup banyak menggunakan komponen lokal Indonesia. Disamping itu, harga yang cenderung lebih murah disertai dengan service center yang cukup banyak bisa menjadikan Axioo dipakai banyak rakyat Indonesia.

Axioo saya, hampir tiga tahun ini sudah beberapa kali memasuki masa bongkar, bahkan Hardisk telah mengalami kerusakan beberapa sektor dan mengakibatkan tidak dapat lagi diinstall Operating System Windows. Kebetulan sebelumnya, selama ini saya sudah menggunakan full linux tanpa dual boot dengan yang lain. Hasilnya adalah saya tidak pernah melakukan install ulang Linux. Dengan demikian saya pandang, Axioo dengan Linux adalah perpaduan murah dan tangguh. Namun beberapa saat ini saya mengalami masalah dengan bus USB Axioo saya, sehingga USB Port, Wifi, Sound, SDCard, WebCam mengalami masalah. Kadang tidak konek kadang juga mati hidup. Oleh karena itu saya coba bongkar notebook tersebut, dan kebetulan beberapa saya ambil gambar untuk dishare ke dalam blog.

Membongkar Laptop Axioo cukup mudah. Biasanya bagi yang pertama membongkar akan mengalami masalah dengan pembukaan case / casing / cangkang laptop. Pembukaan cangkang laptop dapat dimulai dengan melepas keyboard. Melepas keyboard dari badan Laptop tidak ada hubungannya dengan melepas tuts hurup. Namun cukup melakukan pembukaan kunci keyboard bagian atas yang tersembunyi, jumlahnya empat biji. Seperti gambar berikut:

IMG_0508

Tekanlah kuncinya, lakukan pada empat bagian kunci yang ada. Selanjutnya akan tampak seperti berikut:

IMG_0480

 

Hati-hati! Keyboard terhadap mainboard terdapat hubungan berupa kabel jajar seperti ini. Hati-hati membukanya. Selanjutnya bukalah lebih dulu kunci kabel tersebut seperti pada gambar ini :

SEBELUM DIBUKA KUNCINYA:

IMG_0502

 

SETELAH DIBUKA :

IMG_0500

 

Anda bisa membuka kuncinya dengan obeng, pelan pelan saja. Setelah terbuka, kabel akan mudah dilepas. Setelah lepas, anda bisa mulai membuka sekrup cangkang atas, kemudian membalikkan laptop anda dari bawah, dan buka semua sekrupnya. Setelah itu pisahkan cangkang atas dengan bawah. Hati-hati bahwa antara cangkang atas dengan Mainboard terdapat dua kabel jajar yang perlu dibuka seperti model kabel keyboard tadi. Berikut gambarnya :

IMG_0492
 

Lepaskan kunci kabel sebelum membuka cangkang. Secara perakitan Axioo sudah sangat mudah untuk melakukan pembongkaran. Sudah disediakan ruangan untuk membuka kabel tersebut. Setelah semua terbuka, angkatlah case DARI ATAS dengan posisi LCD terbuka terhadap cangkang, bukan dari bawah.

 

Berikut perlu hati – hati dalam membuka, karena kemungkinan ada beberapa kabel yang masih menempel:

IMG_0490

 

Seperti ini hasilnya :


IMG_0481
 

Cangkang atas setelah dipisahkan adalah :

IMG_0481

 

Setelah terbuka, bersihkanlah dengan kuas atau jika punya adalah mini vacuum cleaner khusus mainboard

IMG_0481

 

Salah satu bagian paling kotor adalah sudut

 

 

Modul Wifi, bersihkan dengan hati hati..

 

 

PASANG KEMBALI.

Memasang kembali case Axioo adalah sama dengan ketika membongkar. Hanya saja perlu diwaspadai ketika melakukan penguncian kabel-kabel kecil pada slotnya, dan juga pemasangan Microphone. Microphone akan perlu sedikit mengintip case dan perlu ditepatkan atur dengan bantuan obeng atau pinset:

Perhatikan benda dengan kabel hitam di tengah gabar, tepatkan pada lubang bagian atasnya.

 

MEMBONGKAR KEYBOARD.

Membongkar keyboard Axioo sangat mudah. Pembongkaran hanya perlu dilakukan jika ingin membersihkan bagian dalamnya. Untuk pengguna Linux, dapat dimulai dengan melakukan percobaan pengangkatan tombol WINDOWS. pada sebelah Fn Kiri bawah. Sehingga jika anda takut rusak, maka ya hanya tombol Windows itu yang rusak, toh tidak digunakan :) . Caranya adalah Tinggal mengangkat ujung tuts, angkat sedikit paksa hati hati.. dan akan terlepas. Hal ini juga perlu perhatian dalam memasang kembali. Untuk pemasangan kembali perlu perhatian pada tuts-tuts tombol panjang seperti Enter, Spasi, Tab Shift  dan Capslock. Perlu perhatian karena mereka memiliki kawat penguat. Selanjutnya bisa dibersihkan bagian dalam keyboard dengan kuku atau kapas beralkohol. Jangan dengan benda logam keras, karena akan melukai permukaan landasan keyboard. Jangan juga dengan bensin karena dapat merusak landasan.

 

 

setelah bersih, silakan kembalikan, dan jangan lupa pemasangan Processor agar tidak terbalik, begitu juga dengan pemasangan kipas. Kipas sangat penting untuk menjaga suhu komputer. Oh ya, hitung kembali sisa sekrup. Harusnya sekrup tidak akan tersisa :)

 

17 thoughts on “[Share] Bongkar Laptop Axioo Neon MNC 115

  1. mo tny mas, axioo neon mnc q baru bisa booting windows kalo di tekan enter berkalikali
    sdh q format os nya ttp aja
    apa penyebabnya?
    mohon bantuannya trims

  2. terimakasih atas kupasannya
    Ada yg tau dimana saya bisa dowload driver utk Wifi Axioo MNC 115C … sudah cari-2 belum emu.
    Terimakasih sebelumnya

  3. axioo neon mnc. dipencet tombol power nyala tp beberapa detik langsung mati (belum sempet booting). pencet lagi gitu lagi. terus terusan begitu. mohon para suhu pencerahanya….terima kasih

    1. coba buka keyboard, lalu nyalakan, saat laptop sudah dlm keadaan menyala, segera cabut socket tombol power on/off socketnya tepat diatas socket keyboard, karena pda beberapa kasus axioo neon, board on/off power rusak

  4. Mohon Pencerahannya Brother…

    laptopq axioo Neon MNC, Saya Pertama Kali Bongkar Pengen di bersihkan, Semuanya Berjalan Mulus sa’at buka keybordx, tapi pas z buka penutup yg di bawahx, z nda tau ada kabel yg menempel dan z paksa tarik, bla2 selesai pasang semua….

    Saya Kasi Idup Laptop Ternyata Ada 1 Garis Putih memanjang Di bawah Lcd, tapi gambar yg di atas normal semua…

    Kira2 Apa Penyebabnya..??? Di Mohon Solusinya Brother, Terimakasih Sebelumnya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code class="" title="" data-url=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> <pre class="" title="" data-url=""> <span class="" title="" data-url="">