[Tips] Cara Merezise Gambar dengan SimpleImage PHP Script

PHP adalah sebuah bahasa pemrograman web sisi server. Sebagai bahasa pemrograman sisi server, maka PHP juga memiliki kemampuan melakukan olah data baik berupa data text dan data gambar. Kemampuan ini terutama digunakan ketika PHP mengerjakan Gallery gambar, atau sebuah profil produk dimana harus tersedia gambar berbagai ukuran Pixel dan Byte nya. Sebagai contoh kasus adalah sebuah toko online, memiliki kebutuhan sisi admin dimana operator harus mampu melakukan upload gambar dengan ukuran berapapun, selanjutnya akan diatur oleh PHP dengan dipecah menjadi beberapa. Antara lain adalah menjadi gambar thumbnail, gambar medium dan gambar besar. Bayangkan saja jika halaman depan sebuah profil produk menampilkan banyak gambar dan gambar tersebut masih berukuran besar 800kb – 1mb, tentu akan memakan waktu dan juga quota bandwidth bagi client.

SimpleImage ini bisa disalin di http://www.white-hat-web-design.co.uk/blog/resizing-images-with-php/ dan silakan dijadikan sebuah file dengan nama SimpleImage.php. Namun menurut saya, ada beberapa revisi dari script tersebut. Yaitu pada bagian yang melibatkan $this->getheight(), diubah menjadi $this->getHeight(). Sehingga script SimpleImage ini menjadi seperti ini

CARA MENGGUNAKAN.
Cara menggunakan script ini sangat mudah. Yaitu:

  1. Melakukan include SimpleImage.php
  2. Membuka sebuah object dari Class SimpleImage
  3. Meload gambar
  4. Mengolah gambar
  5. Menyimpan gambar dengan format baru

CONTOH: Misalkan kita akan membuat sebuah form upload gambar, dimana ketika diupload, maka gambar di server akan muncul dengan format ukuran 400×400 dan juga thumbnail 120×120. Dengan demikian script menjadi seperti demikian :

PENJELASAN:
Ketika script dipanggil request, maka jika tidak terset input type upload alias karena belum ada POST, maka hanya akan ditampilkan form biasa. Selanjutnya jika telah diisi, dan diPOST, maka script akan terpanggil dengan kondisi terset POST. Selanjutnya akan di-include SimpleImage, menentukan variable file yang diupload, diload, diolah resize, dan disimpan pada tempat yang telah ditentukan pada save.

Berikut beberapa operasional yang disediakan oleh SimpleImage ini:

  1. Load
  2. Save
  3. Output
  4. GetWidth dan GetHeight
  5. Resize to Height dan resize to width
  6. Scale
  7. Resize

Dengan SimpleImage, selamat mencoba proses upload gambar dan melakukan operasional standard SimpleImage. Semoga bermanfaat. :)

2 thoughts on “[Tips] Cara Merezise Gambar dengan SimpleImage PHP Script

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code class="" title="" data-url=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> <pre class="" title="" data-url=""> <span class="" title="" data-url="">