[Contoh] Cara Membuat Watermark Tulisan Pada Gambar dengan PHP

Jika posting sebelum ini membahas tentang dua gambar yang ditumpuk, bagaimanakah jika yang akan ditumpuk pada gambar utama adalah tulisan data? PHP memiliki fasilitas untuk melakukan hal itu. Misalnya kita memiliki gambar sebagai berikut:

 

Gambar tersebut anggaplah merupakan sebuah produk dari toko online. Gambar produk tersebut akan diberi tanda sesuai data kondisi yang ada. Misal : Stock Tersedia, All Size, Sold, Kosong, Booked, dan sejenisnya. Kita ingin tulisan yang dibentuk adalah tulisan yang benar-benar ada pada gambar, bukan tulisan bentukan CSS dengan z-index di depan, sehingga tulisan akan menjadi bagian dari gambar. Bisakah? Mari kita coba percobaan seperti demikian.

 

 

 

Hasilnya kira-kira adalah seperti berikut :

 

.

Kita bisa melakukan pengubahan data “Stock Ada” dan sejenisnya dengan cara memberikan fasilitas form updatenya. Di lain posting akan dibahas lebih lengkap :) .

Nah, selamat mencoba, semoga sukses, dan semoga artikel ini bermanfaat.

3 thoughts on “[Contoh] Cara Membuat Watermark Tulisan Pada Gambar dengan PHP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code class="" title="" data-url=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> <pre class="" title="" data-url=""> <span class="" title="" data-url="">