Web Tutorial
 

[Contoh] Cara Sederhana Membuat Image Gambar dengan PHP

Tentu kita sering melihat tulisan berformat gambar semacam ini :

Kemudian kita juga sering melihat CAPTCHA atau Verification Code yang berupa gambar tulisan namun dapat berubah-ubah secara acak / random. Ternyata hal itu dapat kita buat sendiri dengan PHP biasa. PHP memang menyediakan fasilitas untuk mengolah image termasuk membuat gambar. Namun memang installasi PHP kita harus terinstall secara lengkap termasuk paket GD. Namun biasanya pada paket webserver kita telah tersedia. Xampp, Wamp, AppServ dan lain-lain telah menyediakannya. Untuk para pengguna Linux, tentu dapat dengan mudah melakukan installasinya. Untuk para pengguna Debian, Ubuntu dan turunannya, dapat menggunakan perintah : apt-get install php5-gd, atau apt-get install php-gd. Sedangkan pengguna RedHat, Fedora, Centos dan turunannya dapat menggunakan yum install php5-gd.

Untuk membuat script tersebut, sangat mudah caranya. Hanya saja karena sintaks yang tersedia untuk pembuatan Image ini cukup banyak, tak apalah jika kita menyediakan catatan tentang hal itu. Secara lengkap vocab perintah tersebut dapat dilihat di sini http://php.net/manual/en/book.image.php. Kita tidak akan membahas seluruhnya, namun hanya beberapa untuk dijadikan contoh pertama.

Kali ini kita akan buat sebuah script pembuat image tulisan. Misal akan kita buat tulisan dengan bunyi : bimosaurus.com, dengan warna kuning, background hitam, maka akan kita buat script sedemikian :

Kemudian kita simpan sebagai image.php, panggillah di web browser. Kita dapat melakukan penyisipan ke dalam halaman lain dengan cara html biasa:

Nah ternyata mudah bukan… Lain posting akan dibahas gambar yang lebih kompleks. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

This entry was posted in PHP, Web Developing and tagged , , , . Bookmark the permalink. Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

5 Comments

  1. sule
    Posted November 8, 2012 at 1:42 am | Permalink

    gan kalau untuk mengatur gambar ke kanan atau keriri gimana

    • Posted December 7, 2012 at 1:26 am | Permalink

      Untuk mengaturnya memang dengan cara mengatur koordinat pixel yang ada pada gambar. Oh ya maaf, yang dimaksud itu berkebalikan atau mengatur margin?

  2. Posted March 26, 2013 at 11:22 am | Permalink

    jos mas

  3. Posted June 18, 2013 at 9:20 am | Permalink

    mantap tutorialnya phpnya gan, kalau bisa posting lagi yang lain gan, yang lebih lengkap. makasi ya , salam kenal

    • Posted June 18, 2013 at 8:45 pm | Permalink

      Sama sama gan… tutorialnya di blog sampeyan mantab juga.. ijin blog walking.. mari tetap menyebar ilmu :D

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *

*
*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code class="" title="" data-url=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> <pre class="" title="" data-url=""> <span class="" title="" data-url="">

Anda membutuhkan tutorial WEB, SMS Gateway, Linux, Jaringan, PHP, MySQL dan Lainnya? Kirimkan melalui bimosaurus@gmail.com dan akan segera ditanggapi oleh team, GRATIS tapi ANTRI ! !