[Contoh] Cara Menentukan Font pada Watermark Gambar dengan PHP

Pada contoh lalu, watermark adalah merupakan suatu tulisan timpa pada gambar, yang biasanya digunakan untuk memberi teks sebuah image gambar jpeg/png/gif sebagai keterangan atau sebagai proteksi. Penimpaan gambar akan menggabungkan tulisan dan gambar pada satu gambar image. Pada contoh lalu telah terdapat satu model watermark untuk toko online, dimana terdapat satu gambar kaos yang diberi tulisan di depannya. Kali ini kita ingin memperindah tulisan tersebut dengan font yang bervariasi. Variasi juga dapat meliputi pembentukan shadow atau bayangan. Bagaimanakah caranya? Perhatikan gambar berikut.

Gambar ini dibentuk dengan pembentukan gambar dengan watermark dilengkapi dengan fasilitas pengatur font dan sudut font. Jika pada contoh lalu kita gunakan :

 

Maka sekarang akan digantikan dengan

Sedangkan shadow, atau bayangan diambil dengan cara membuat tulisan serupa dengan warna yang berbeda, dan diberikan selisih pixel_start_kiri dan pixel_start_atas nya.

Sudut dapat diatur sesuai derajatnya. Silakan mencoba mengganti angka 30 tersebut menjadi angka sudut yang anda suka. Misal tulisan tegak, maka silakan mengganti dengan angka 90 dengan konsekuensi mengubah start pixelnya.

Dengan $jenis_font diambilkan dari file TTF yang anda miliki. File TTF adalah file master dari sebuah font. Misal dalam kasus ini saya ambil Arial. Maka source code pembentuk gambar akan menjadi seperti berikut:

Bisakah membuat tulisan di bawahnya lagi? Tentu saja bisa. Hanya dengan membuat sebuah tulisan, dan mengatur start pixel atasnya, maka akan terbentuk satu tulisan lagi, sesuai dengan pixelnya. Mudah bukan? Selamat mencoba semoga sukses, dan semoga artikel ini bermanfaat.

2 thoughts on “[Contoh] Cara Menentukan Font pada Watermark Gambar dengan PHP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code class="" title="" data-url=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> <pre class="" title="" data-url=""> <span class="" title="" data-url="">