Javascript DOM dalam HTML

Untuk memanipulasi browser dalam menampilkan data, tentu sangat lebih baik digunakan bahasa CLIENT SIDE, yang datanya telah didapat dari server side (database, bahasa pemrograman server dll). Dengan bahasa Client Side, akan sangat membantu kinerja server, dan selanjutnya melimpahkan beberapa beban ke client. Disamping itu proses animasi yang jalan di tingkat client akan sangat maksimal.

Seperti kita ketahui , sebuah halaman HTML akan terdiri dari banyak elemen, seperti div, img, span, p, h dan lain sebagainya. Elemen tersebut bisa juga memiliki atribut berupa style, id, class, name dan lain sebagainya. Untuk keperluan pengubahan-pengubahan elemen di HTML di tingkat client, dapat digunakan manipulasi dengan DOM. Document Object Model. Apa itu? Yaitu cara javascript mengambil value element sebagai model, yang akan diberi tindakan selanjutnya.
DOM itu ternyata mudah, hanya perlu mengenal kata : getElementById().

misal akan kita buat variabel x adalah berisi obyek model dari div “coba”. Maka kode HTML akan menjadi seperti berikut


Misal akan kita lakukan pengubahan isi div coba, maka akan seperti berikut:

Selamat mencoba :) . Silakan CLICK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code class="" title="" data-url=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> <pre class="" title="" data-url=""> <span class="" title="" data-url="">